Langsung ke konten utama

ETIKA RANCANGAN DESAIN GRAFISKOMUNIKASI


IV. ETIKA RANCANGAN DESAIN GRAFISKOMUNIKASI

Assalamualaikum wr.wb😁
Kali ini saya akan menjelaskan tentang
Proses komunikasi komunikasi media grafis tidak dapat dipisahkan dari etika komunikator (sumber), komunikasi (pesan melalui media), kontak (siapa yang menjadi target komunikasi dengan efek apa) selalu terkait dengan etika.  Komunikator / sumber, misalnya, dituntut memiliki motivasi komunikasi yang jujur.  Ini menjadi jelas ketika kita menggabungkan diagram fondasi keputusan etis dengan diagram proses komunikasi media komunikasi grafis.  Proses komunikasi media grafik komunikasi dapat dilihat sebagai aktivitas manusia yang melibatkan keputusan etis di dalamnya.
  Menurut Marshall Mc Luhan, cara menyampaikan informasi sama pentingnya dengan isi informasi yang disampaikan.  Namun, tidak berhenti sampai di situ, kita juga harus memperhatikan media pengiriman pesan.  Apakah metode yang digunakan benar, artinya tidak melanggar etika atau etika?

obat kumur

 Iklan sebaiknya hanya diarahkan untuk meredakan sakit tenggorokan dan menjaga kebersihan mulut.

 Termasuk informasi untuk menjaga kesehatan mulut;  Anda perlu menyikat gigi secara teratur.

 Termasuk lokasi peringatan perhatian seperti dalam istilah umum.

 luka Obat

 Iklan hanya boleh diarahkan ke perawatan pertama dan untuk mencegah cedera ringan seperti: abrasi, pengelupasan kulit, pengikisan, luka, perawatan tali pusat bayi.

 Sertakan titik peringatan seperti dalam istilah umum.


 pencahar

 Iklan hanya boleh diinstruksikan untuk mengobati sembelit.

 Sertakan informasi bahwa obat pencahar hanya digunakan jika benar-benar diperlukan, dan hanya untuk penggunaan jangka pendek.

 Termasuk lokasi peringatan perhatian seperti dalam istilah umum.


 Pengobatan Travel

 Iklan seharusnya hanya diterapkan untuk menghindari pengawasan perjalanan.

 Termasuk informasi yang tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh orang yang mengendarai sepeda motor dan mesin, karena dapat menyebabkan kantuk.

 Termasuk lokasi peringatan perhatian seperti dalam istilah umum.


ObatWasir
Iklan hanya boleh diin- dikasikan untuk pengobatan simtomatik yang berhubungan dengan hemeriod atau mem- bantu meringankan rasa sakit yang berhubungan dengan kondisianorektal.
Mencantumkan spot pe- ringatan perhatian seperti pada ketentuanumum.
Iklan obat dari golongan terapetik lain yang belum disebutkan di atas, materinya harus memenuhiketentuan sesuai dengan klim yang disetujui pada waktu pen- daftaran obattersebut.


B. Pedoman Periklanan ObatTradisional
Latar Belakang
Obat tradisional mempu- nyai kedudukan yang khusus dalam masyarakat, karena merupakan warisan budaya bangsa di bidang kesehatan. Obat tradisional diperlukan ma-syarakat, terutama untuk memeliharan dan meningkat- kan kesehatan, memelihara keelokan tubuh serta kebu- garan. Disamping itu ada be- berapa yang dapat digunakan untuk mengobatipenyakit.
Dengan kemajuan tekno- logi dan meningkatnya ke- inginan masyarakat untuk menggunakan obat tradisional, maka obat tradisional tidaklagi
menjadi ramuan yang dibuat untuk keperluan keluarga, te- tapi sudah menjadi barang dagangan. Obat tradisional seperti obat, merupakan ba- rang yang mempunyai sifat khusus, karena itu penangan- annya termasuk periklanannya perlu penanganan khusus.
Untuk melindungi masya- rakat terhadap obat tradisional yang tidak tepat dan atau merugikan kesehatan, maka penandaan dan informasi ter- masuk iklan obat tradisional, harus memenuhi persyaratan obyektifitas dan kelengkapan serta tidakmenyesatkan.
Oleh karena itu Depe- temen Kesehatan melakukan pengendalian dan pengawas- an terhadap penyebaran infor- masi obat tradisional termasuk periklanan obattradisional.

Petunjuk Teknis
Iklan obat tradisional secara umum harus mengacu pada “Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia” dan khusus untuk hal-hal yang bersifat teknis, maka pene- rapannya harus didasarkan pada pedoman ini:

Umum
Obat tradisional dapat di- iklankan apabila telah men- dapat nomor persetujuan pendaftaran dari Depertemen KesehatanRI.



Iklan obat tradisional dapat dimuat pada media periklanan setelah rancangan iklan terse- but mendapat persetujuan dari Depertemen KesehatanRI.
Iklan obat tradisional tidak boleh mendorong penggunaan obat tradisional tersebut seca- raberlebihan.
Iklan obat tradisional tidak boleh diperankan oleh tenaga profesi kesehatan atau sese- orang yang berperan sebagai profesi kesehatan dan atau menggunakan setting yang beratribut profesi kesehatan danlaboratorium
Informasi mengenai pro- duk obat tradisional dalam iklan harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam pasal 41 ayat (2)Undang- undang nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan sebagai berikut:
Obyektif : harus  membe- rikan informasi sesuai dengan kenyataan yang ada dan tidak boleh menyimpang dari sifat kemanfaatan dankeamanan obat tradisonal yang telah disetujui.



Iklan obat tradisional tidak boleh mencantumkangambar simplisia yang tidak terdapat dalam komposisi obat tradi- sional yangdisetujui.
Iklan yang berwujud artikel yang menguraikan hasil pe- nelitian harus benar-benar berkaitan secara langsung de- ngan bahan baku (simplisia) atau produknya, dan iinformasi tersebut harus mengacu pada hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan.
Pada setiap awal iklan obat tradisional dicantum-kan identitas kata “JAMU” dalam lingkaran.
Pada setiap akhir iklan obat trdisional haru mencan- tumkan spot peringatan seba- gaiberikut:
“BACA CARA PEMA-KAIAN”

Ketentuan minimal yang harus dipenuhi untuk peri- ngatan pada butir (13) sebagai berikut:
Untuk media televisi, spot iklan harusdicantumkan dengan tulisan yangjelas terbaca pada suatu gambar terakhir dengan ukuran mini- mal 30% dari screen dan ditanyangkan minimal selam 3 detik.
Untuk media radio, spot iklan harus dibacakan dengan jelas dan dengan nada suara tegas, pada akhiriklan.
Untuk media cetak, spot dicantumkan dengan ketentu- an sebagaiberikut:
Tulisan harus jelas terbaca dan terlihatmenyolok.
Huruf yang digunakan ha- rus merupakan huruf kapi- tal, hitam dan tebal (bold letter).
Ukuran huruf minimal ha- rus sama dengan huruf bodycopy.
Diberi kotak tepihitam.

Iklan obat trdisional khu- sus untuk media cetak harus mencantumkan nomor pendaf- taran.
Dilarang mengiklankan obat tradisional yang dinyata- kan berkhasiat untuk mengo- bati atau mencegah penyakit kanker, tuberkolosis, poliome- litis, penyakit kelamin, impo- tensi, tiphus, kolera, tekanan darah tinggi, lever, dan pe- nyakit lain yang ditetapkan oleh MenteriKesehatan.

Khusus
Golongan SehatPria
Obat tradisional yang terma- suk golongan sehat pria seperti Sehat Perkasa, Pria Perkasa, Pria Jantan, dan lain sebagainya, hanya boleh mencantumkan kegunaan sesuai dengan tujuan peng- gunaan yang disetujui pada pendaftaran.




Golongan SehatWanita
Obat tradisional yang ter- masuk golongan sehat wanita hanya boleh mencan- tumkan kegunaan sesuai dengan tujuan penggunaan yang disetujui pada pen- daftaran.
Iklan obat tradisional go- longan sehat wanita, dila- rang memberikan informasi atau menjanjikan dapat mengubah penampilan wani- ta menjadi lebih ayu, umur panjang dan kata-kata lain yangsemakna.
Iklan jamu ini dilarang mem- berikan informasi bahwa penggunaan jamu ini akan memberikan penampilan pri- ma, memberikan energi yang berlebih.
Golongan GalianSingset
Obat tradisional yang ter- masuk golongan galian singset, hanya boleh men- cantumkan kegunaan sesuai dengan tujuan penggunaan yang disetujui pada pendaf- taran.
Iklan obat tradisional go- longan galian singset dila- rang memberikan informasi atau menjanjikan dapat me- ngubah bentuk badan men- jadi langsing dan montok dalamsekejap.
Iklan obat tradisional harus memberikan informasi ten- tang hal-hal yang tidak diinginkan yang kemung- kinan timbul akibat minum jamu tersebut seperti: men- cret, lemas danlain-lain.

Golongan Jamu Kepu- tihan
Obat tradisional yang ter- masuk golongan keputihan, hanya boleh mencantumkan kegunaan sesuai dengan tu- juan penggunaan yang disetu- jui padapendaftaran.
Iklan obat tradisional go- longan keputihan tidak boleh mencantumkan informasi atau menjajikan dapat mengobati segala macam keputiha, kecu- ali bila pada etiket disetujui pencantuman kilmtersebut.
Kata-kata merukunkan sua- mi-istri dan yangsemakna,



dilarang dicantumkan dalam iklan obat tradisional ini.

Golongan HaidTeratur
Obat tradisional yang ter- masuk golongan haidteratur, hanya boleh mencantumkan kegunaan sesuai dengan tu- juan penggunaan yang disetu- jui padapendaftaran.
Obat tradisional golongan haid teratur dilarang membe- rikan informasi baik secara langsung atau tidak langsung akan memberi akibat meru- gikan pada peminumnya. Dari pengalaman ada yang meng- gunakan obat tradisional ini untuk menggugurkan anak yang tidak diinginkan, yang berakibat lahir cacatbadan.

Golongan HabisBersalin
Iklan obat tradisional yang termasuk golongan habis ber- salin, hanya boleh mencan- tumkan kegunaan sesuai dengan tujuan penggunaan yang disetujui pada pendaf- taran.
Iklan obat tradisional go- longan ini, sangat dianjurkan untuk memberikan informasi yang dapat merangsang pemi- numnya agar memperbaiki gizi, sehingga kondisi ibu dan anak akanmeningkat.

Golongan PelancarAsi
Iklan obat tradisional yang termasuk golonganpelancar
ASI, hanya boleh mencan- tumkan kegunaan sesuai dengan tujuan penggunaan yang disetujui pada pendaf- taran.
Iklan obat tradisional ini, dilarang memberikan infor- masi atau menjanjikan dapat mengencangkan danatau memperbesar payudara, atau kata-kata lain yang sceara langsung atau tidak langsung dapat mengubah payudara menjadimontok.

GolonganJerawat
Iklan obat tradisional go- longan jerawat, hanya boleh memberikan informasi untuk meringankan atau mengobati jerawat, atau indikasi lain yang disetujui padapendaf-taran.

Golongan PegalLinu
Iklan obat tradisional yang termasuk golongan pegel linu, hanya boleh mencantumkan kegunaan sesuai dengan tuj- uan penggunaan yang disetu- jui padapendaftaran.
Iklan obat tradisional golong- an ini, dilarang memberikan informasi atau menjanjikan kesembuhan untuk penyakit rematik dan sejenisnya. Jamu ini hanya terbatas untuk me- ngurangi rasa capai dan mengobati gejala masuk angin.



GolonganParem
Iklan obat tradisional yang termasuk golongan parem, hanya boleh diinformasikan untuk mengurangi rasa capai, pegal dan indikasi lain yang disetujui padapendaftaran.

GolonganDemam
Iklan obat tradisional yang termasuk golongan demam, hanya boleh memberikan informasi untuk meringankan sakit seperti: greges-greges, meriang, sakit kepala, munu- runkan panas dan indikasi lain yang berhubungan dengan demam.

GolonganPencahar
Iklan obat tradisional yang termasuk golongan pen-cahar, hanya boleh memberikan informasi untuk pengobatan susah buang airbesar.
Iklan obat tradisional go- longan pencahar dilarang memberikan informasipeng- gunaan untuk menguruskan badan atau untuk melang- singkantubuh.
Iklan obat tradisional go- longan pencahar sangat dian- jurkan untuk memberikan informasi:
o Penggunaan pencahar, ha- nya bila benar-benar diperlukan.
Membiasakan makan bu- ah-buahan, sayuran, dan makanan berseratlainnya.
Golongan Sariawan, Sakit tenggorokan atau ObatKumur
Iklan obat tradisional golong- an sariawan, sakit tenggorok- an atau obat kumur, hanya boleh memberikan informasi untuk pengobatan sariawan, sakit tenggorokan atau higiene mulut, sesuai dengan tujuan penggunaan yang disetujui pa- dapendaftaran.
Iklan obat tradisional yang penggunaannya tidak boleh ditelan, supaya memberikan informasi penggunaan secara jelas.
Iklan obat tradisional go- longan ini sangat dianjurkan untuk memberikan informasi tentang pentingnya menjaga kebersihanmulut.

Golongan Sakit Kulit, Luka danGatal
Iklan obat tradisional golongan sakit kulit, luka dan gatal, hanya boleh memberikan informasi untuk pengobatan penyakit kulit sesuai dengan tujuan penggunaanyang disetujui pada pendaftaran.

GolonganWasir
Iklan obat tradisional golongan wasir hanya boleh membe- rikan informasi untuk mengo-



bati gejala dan atau meri- ngankan sakit yang berhu- bungan dengan wasir.

Jamu UluHati
Iklan obat tradisional go- longan ulu hati, hanya boleh memberikan informasi untuk meringankan gejala sakit ulu hati seperti mual, nyeri, dan lainnya.
Iklan obat tradisional go- longan ini sangat dianjurkan untuk memberikan informasi yang dapat merangsang pemi- numnya agar membiasakan makan teratur dan hidup teratur.


C. Pedoman Periklanan Alat Kesehatan, Kosmetika, perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
Latar Belakang
Alat Kesehatan, Kosmeti- ka, dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tanggasudah
merupakan suatukebutuhan masyarakat yang umumnya tidak dapat dipisahkan dengan kehidupansehari-hari.
Penggunaan Alat Kese- hatan, Kosmetika, dan Per- bekalan Kesehatan Rumah Tangga yang salah, berle- bihan, tidak tepat atau tidak rasional dapat merugikan ke- sehatanpemakaianya.
Untuk melindungi masya- rakat terhadap kemungkinan peredaran Alat Kesehatan, Kosmetika, dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga yang tidak memenuhi syarat akibat label dan periklanan yang tidak benar atau menye- satkan, pemerintah melaksa- nakan pengendalian dan pengawasan Alat Kesehatan, Kosmetika, dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga an- tara lain melalui pengendalian dan pengawasan terhadap penyebaran informasi atau promosi melaluiperiklanan.


Kosmetika tidak boleh diiklankan seolah-olah sebagai obat.
Alat Kesehatan, Kosme- tika, dan Perbekalan Kesehat- an Rumah Tangga harus mendidik dan sesuai dengan norma kesusilaan yangada.

Khusus
AlatKesehatan
Produk/barang yang ti- dak disetujui pendaftarannya sebagai alat kesehatan tidak boleh diiklankan seolah-olah produk/barang dimaksud ada- lah alatkesehatan.
Pembalut Wanita (sani- tary napkin) Iklan pembelut wanita (sanitary napkin) supa- ya disesuaikan dengan este- tika dan tata kramaketimuran.


Kosmetika
Kosmetika tidak boleh diiklankan dengan mengguna- kan kata-kata “mengobati”, “menyembuhkan” atau kata lain yang semakna seolah- olah untuk mengobati suatu penyakit.
Kosmetika tidak boleh diiklankan seolah-olah dapat mempengaruhi fungsi fisiologis dan atau metabolismetubuh.
Contoh:
Melancarkan peredaran da- rah
Melangsingkantubuh
Kosmetika yangme- ngandung bahan yang tidak jelas kegunaannya tidak boleh diiklankan yang menyatakan kegunaan dari bahantersebut.
Contoh:
Minyak rambut urang-aring dapat menyuburkan rambut.

Kosmetika yang tidak mengandung bahan aktif tidak dapat diiklankan dengan me- nyatakan kegunaan dari bahan aktif yangdimaksud.



Contoh:
Sampo yang tidak mengan- dung bahan anti ketombe diiklankan dapat menghi- langkanketombe.
Sabun mandi yang tidak mengandung bahan anti- septik diiklankan dapat mem- bunuhkuman.
Kosmetika yang dibuat dengan bahan alami tertentu hanya dapat diiklankan me- ngandung bahan alami ter- sebut.
Kosmetika yangme- ngandung bahan kimia tidak boleh diiklankan sebagai kos- metikatradisional.
Kosmetika yangme- ngandung vitamin yang ber- fungsi bukan sebagai vitamin tidak boleh diiklankan dengan menyatakan fungsi vitamin tersebut dalam sediaan kos- metikadimaksud.
Kosmetika yangme- ngandung bahan tabir surya tidak boleh diiklankan dengan menyebutkan nilai SPF (Sun Protector Factor) bila tujuan penggunaan kosmetikater- sebut bukan untukberjemur.
Iklan kosmetika tidak boleh diperagakan dan atau ditujukan untuk bayi, kecuali kosmetika golongansediaan bayi.
Untuk kosmetika jenis tertentuyaitu:

  • pewarna rambut
  • pelurus/pengeriting rambutodepilatori
  • pemutih kulit
  • anti jerawat
  • sampo anti ketombe
  • deodorant dan anti respiran
  • sediaan lainnya yang me- ngandung bahan kimia yang mempunyai persyaratan ke- amanan sesuai dengan pe- raturan yang berlaku, harus disertai spot:

“IKUTI PETUNJUK PEMA- KAIAN DAN PERINGATAN YANG DISERTAKAN”.
Ketentuan yang harus dipenuhi spot:
Untuk media televisi: Spot iklan harus dicantumkan dengan tulisan yang jelas terbaca pada satu screen/ gambarterakhir.
Untuk media radio: Spot iklan harus dibacakan pada akhir iklan dengan jelas dan nada suarategas.
Untuk media cetak: Spot iklan harus dengan tulisan yang jelasterbaca.

Perbekalan Kesehatan RumahTangga
Pemutihcucian
Pemutih cucian tidak boleh diiklankan seolah-olah hasil penggunaannya menjadi be- bas kuman sama sekali.



Pembersihlantai
Pembersih lantai tidak boleh diiklankan seolah-olah meng- hasilkan lantai bebas kuman danaman.
Antiseptika dan desin-fektan
Antiseptika dan desin- fektan tidak boleh diiklankan seolah-olah setelah penggu- naan dimaksud hasilnyadi- jamin telah bebaskuman.
Antiseptika dan desin- fektan tidak boleh menganjur- kan penggunaanberlebihan.
Antiseptika dan desin- fektan tidak boleh diiklankan sebagai lysol dan atau kreolin bila tidak memenuhi persya- ratan yangberlaku.
Pestisida Rumah Tangga (termasukinsektisida)
Iklan Pestisida Rumah Tangga tidak boleh ber- tentangan dengan ketentuan periklanan Pestisida dari De- partemen Pertanian Republik Indonesia.
Iklan Pestisida Rumah Tangga tidak boleh diiklankan dengan menyebutkankata- kata “aman”, “tidak berba- haya” atau kata-kata lain yang semakna yang dapat ditaf- sirkan salah terhadap kea- manannya.
Iklan Pestisida Rumah Tangga tidak boleh diiklankan dengan menyebutkankata
“ampuh” atau kata lain yang semakna yang dapat ditaf- sirkan berlebihan terhadap kegunaannya.


Kata HALAL tidak boleh diiklankan.

D. Pendalaman
Cari contoh iklan produk obat, jamu, kosmetika, makanan, dan minuman, lalu apakah iklan produk tersebut telah menerapkan aturan dalam materi ini, seperti harus menampilkan”spot”.

Terimakasih😁
Semoga bermanfaat dan jangan lupa like,komen,and follow ya😁

Wassalamualaikum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JOBSHEET (merakit personal komputer)

Assalamualaikum wr.wb Kali ini saya akan menjelaskanntentang cara merakit computer Merakit Personal Komputer JOB SHEET 1 Alat dan bahan : 1)    Komputer PC 1 unit lengkap dengan multi media 2)        Buku manual reference untuk komponen PC yang sesuai 3)        Tools set Kesehatan dan Keselamatan Kerja 1)        Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya. 2)        Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan. Langkah Kerja 1)        Siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini. 2)        Bukalah penutup casing pada CPU 3)        Amati semua komponen yang ada. 4)        Catatlah semua komponen yang ada pada CPU dan di luar CPU. 5)        Buka dan bacalah buku manual reference yang sesuai dengan komponen yang ada. 6)        Catatlah spesifikasi dari komputer tersebut. 7)        Buatlah laporan tentang spesifikasi dari komputer yang anda amati tersebut. 8)        Laporkan hasil pekerjaan anda pada guru pembim

Cara menginstall windows 10

Assalamamualaikum wr.wb😁😅 Hai teman teman😁 Blog Kali ini saya akan memberikan cara menginstall Windows 10 Panduan Cara Menginstall Windows 10 Sebelum menginstall sistem operasi windows 10, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya sebagai berikut : Siapkan DVD installer windows 10 nya terlebih dahulu yah, karena tutorial kali ini menggunakan DVD untuk media instalasinya. Kalau tidak punya DVD installernya, anda bisa menggunakan flashdisk sebagai media instalasi. Agar booting pertama kali dari DVD, silakan setting terlebih dahulu boot device priority pada menu buos. Jika yang diinstall laptop, colokkan charger segera, jangan sampai batrei habis waktu melakukan instalasi. Seperti biasa, siapkan beberapa camilan atau bisa juga sambil dengerin musik, karena proses instalasi windows 10 cukup lama. Proses instalasinya kurang lebih setengah jam dan setengah jam itu sangat lama bagi saya, hehehe nginstallnya nyantai saja sambil nyemil. 1. Cara Settin

Pengukuran avometer

Assalamualaikum wr.wb😁 Kali ini saya akan menjelaskan tentang avometerdan cara pakai avometer😁 Simbol pada Multimeter Digital dan Analog Setelah mengetahui bagian bagian pada AVOmeter maka kita juga harus tahu arti simbol serta penggunaan range selector switch pada alat ukur ini. Sebagai contoh dibawah ini kita menggunakan simbol dari sebuah avometer analog, tentunya pada avometer digital pun sama saja pasti akan mudah menemukan simbol serupa Selector dengan tulisan ACV dan terdapat simbol sinus artinya jika avometer dipilih pada selector bagian ini maka siap digunakan untuk pengukuran tegangan dengan jenis gelombang AC yaitu misalnya pengukuran tegangan PLN, generator listrik, tegangan osilator dll ACV sendiri adalah singkatan dari Alternating Current Voltage yang gelombang arusnya memang seperti sinusoidal. Jika selector dipindahkan searah jarum jam maka tampilan selector akan menjadi seperti gambar disamping dengan simbol pada range selector adalah simbol Omega